Jumat, 18 Juni 2010

Cegah Penundaan, Lebih Banyak Waktu Untuk Diri Sendiri

eberapa sering Anda mengatakan pada diri sendiri berapa banyak hal yang dapat Anda selesaikan kalau tidak menunda-nunda? Menginginkan memiliki lebih banyak motivasi untuk mencapai target Anda saja tidaklah cukup. Dibutuhkan disiplin untuk menyelesaikan semua target, hingga di akhir hari Anda bisa memiliki lebih banyak waktu untuk diri sendiri!
1. Gunakan kalender. Ini memang kedengaran klise dan membosankan. Tapi buat yang menyenangkan untuk kali ini. Pilih kalendar dengan halaman yang lebih luas untuk menuliskan to do list Anda. Atau mungkin Anda bisa memilih kalender online di internet.
2. Tuliskan dalam to do list ini segala yang ingin Anda selesaikan dalam minggu, bulan, tahun. Tambahkan tanda star pada setiap daftar yang memiliki prioritas lebih tinggi. Buat daftar apa yang Anda kerjakan sesuai prioritas berdasarkan hari/minggu/bulan.
3. Setiap minggu malam, tinjau kembali daftar dan putuskan apa yang ingin Anda lakukan selama minggu dan tandai untuk daftar di to do list di kalender Anda. Pastikan hanya menempatkan beberapa tugas pada satu waktu untuk membuatnya lebih mudah dikerjakan. Pastikan memulainya dengan perlahan supaya Anda tidak merasa ketakutan.
4. Setiap pagi atau malam sebelumnya, tinjau kembali tugas harian dan rencana Anda. Periksa setiap tugas yang berhasil Anda selesaikan. Ini akan memberi Anda rasa pencapaian.
5. Lanjutkan! Sekali ini jadi kebiasaan, Anda akan merasa lebih percaya diri untuk mencapai sasaran dan punya lebih banyak lebih untuk rileks. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar